venacafografi inferior

on Selasa, 22 Februari 2011
Definisi
                Venografi adalah pemeriksaan radiografi dari sistem vena dengan penyuntikkan kontras media positif.
                Vena Cavografi Inferior adalah pemeriksaan radiografi dari vena cava inferior dengan menggunakan kontras media.
Pemeriksaan ini bertujuan untuk memperlihatkan ada atau tidaknya kelainan pada pembuluh darah vena cava inferior.  


II.2           Anatomi Fisiologi
Vena mengantarkan darah ke jantung. Dimulainya sebagai pembuluh darah kecil yang terbentuk dari penyatuan kapiler. Vena kecil-kecil ini bersatu menjadi vena lebih besar, mungkin juga membentuk batang vena yang makin mendekati jantung makin besar ukurannya. Vena lebih banyak dari pada arteri dan ukurannya pun lebih besar.
Vena dalam atau vena komitan mendampingi arteri utama dan diberi nama sama dengan nama arterinya. Beberapa arteri mempunyai dua vena pendamping.
Inferior vena cava (IVC) dibentuk oleh pertemuan vena iliaka umum anterior tubuh L5. IVC ini naik di retroperitoneum, di sebelah kanan garis tengah. (Bagian atas perut adalah tertanam di permukaan posterior dari lobus kanan hati). Hal ini menguras lumbal, vena ginjal dan hati, dan pembuluh darah yang tepat gonad, adrenal, dan frenikus.  IVC menembus diafragma di sekitar tingkat T8 dan mengalir ke atrium kanan.








 

II.3           Indikasi dan Kontra Indikasi
-        Indikasi
                        Indikasi dilakukan pemeriksaan vena cavografi inferior antara lain :

a.       Edema, yang dikarenakan adanya infeksi pada vena cava inferior.
                Pada umumnya edema berarti meningkatnya volume cairan ekstraseluler dan    ekstravaskuler disertai dengan penimbunan cairan ini dalam sela-sela jaringan dan rongga serosa. Dapat bersifat setempat atau umum.
                Dalam rongga pleura dan rongga pericard normal juga terdapat cairan sedikit, sekedar untuk membasahi lapisan permukaan. Dalam rongga pericard misalnya normal terdapat 5 – 25 ml cairan.
Faktor yang dapat berkontribusi pada pembentukan edema :
1.   Difasilitasi oleh peningkatan tekanan hidrostatik
2.  Mengurangi tekanan oncotic dalam pembuluh darah oleh peningkatan   permeabilitas dinding pembuluh darah seperti dalam peradangan atau  oleh penyumbatan cairan izin melalui limpatik oleh perubahan dalam sifat mempertahankan air dari jaringan sendiri.
b.      Trombosis
Trombus ialah suatu benda yang tersusun oleh dan dari unsur-unsur darah di    dalam pembuluh darah atau jantung sewaktu masih hidup.
Proses pembentukan trombus dinamai trombosis. Thrombus harus dibedakan dengan beku darah yang terjadi sesudah meninggal ( postmortem clot ).
Akibat-akibat trombosis :
Trombus yang terbentuk dalam vena menimbulkan :
·            Statis darah
·            Bendungan pasif
·            Edema dan kadang-kadang nekrosis

c.       Pelebaran Vena
           Varises dan aneurisma vena

d.       Penyumbatan Vena
e.       Gangguan Katup vena misalnya insufisiensi katup vena perforantes
f.        Mengukur tekanan vena di tempat tempat tertentu
g.      Penekanan vena oleh masa tumor ,misalnya tumor mediastinum


-      Kontra Indikasi
a.    Penyakit jantung aktif
b.    Myocardial Infarction ( Sebuah serangan jantung )
c.    Alergi iodium (bahan kontras yang digunakan iodium)


II.4           Persiapan Pemeriksaan
-     Pasien diminta mengisi lembar persetujuan akan dilakukan pemeriksaan atau inform concent.
-     Semua peralatan steril maupun non steril dipersiapkan.
-     Pasien diberi penjelasan mengenai pemeriksaan yang akan dilakukan.

II.5           Alat dan Bahan
ü  Steril
-     Kateter polythene multiple 50 – 60 cm
-     Guide wire
-     Jarum punksi
-     Spuit ukuran 2 cc untuk skin test
-     Kassa dan sarung tangan steril.
-     Y connection (penghubung kateter)
-     Kain atau alas steril

ü  Unsteril
-     Bengkok
-     Korentang
-     Handuk
-     Kain kassa unsteril
-     Gergaji ampul
-     Betadine
-     Alkohol
-     Kontras media
-     Obat – obatan emergency





II.6           Prosedur Pemeriksaan
Sebuah  venogram vena cava inferior digunakan terutama  untuk menunjukan keberadaan thrombus atau penempatan vena cava inferior.
-               Penginjeksian biasanya melalui sisi lubang catheter multiple yang dimasukan melalui vena femoralis dan diposisikan pada iliac vein atau aspek inferior dari vena cava inferior.
-               Radiograf dapat diperlukan untuk menghasilkan opasifikasi vasculaturate dari cateter ke atrium kanan. Penginjeksian yang sesuai  dan program film yaitu 25 ml/detik untuk 50 ml volume total dan 2 film perdetik untuk 4-8 detik pada kedua bidang. Pemfilman dimulai pada akhir menahan pengeluaran nafas.


II.7      Venogram tungkai bawah
                Venogram tungkai bawah merupakan hal yang umum dilakukan untuk melihat thrombosis vein dalam kaki. Venogram ini biasanya dihasilkan dengan pembuatan suatu injeksi melalui sebuah needle yang ditempatkan langsung ke dalam vena superficialis pada kaki. Ahli radiografi kemudian megobservasi petunjuk berikut :

1.       Membuat radiograf dengan posisi pasien di atas sebuah meja miring pada posisi semi tegak lrus pada sudut minimum 45 derajat bila memungkinkan.
2.       Mulai mengambil gambaran radiograf pada bagian pergelangan kaki dan diteruskan dengan mengarahkan secara superior untuk meliputi vena cava inferior sebagai lanjutan injeksi.
3.       Posisi tambahan diberikan pada saat melakukan floroskopi ,dan biasanya menghasilkan proyeksi proyeksi AP dengan kaki bagian dalam  dirotasi 30 derjat untuk mencakup keseluruhan daerah yang menjadi perhatian.
4.       Lakukan proyeksi lateral pada pasien bila diperlukan.
5.       Jika pengambilan film radiograf dilakukan dengan posisi pasien terlentang ,gunakan turniket tepat proksimal terhadap pergelangan kaki dan lutut untuk memperkuat pengisian vena vena pada kaki.
6.       Biasanya gambaran radiograf serial penyinaran dihasilkan dengan bucky tray  atau pengubah film terpisah 5 sampai 10 detik. Injeksi dapat dibuat dengan tangan ,atau sebuah injector otomatis  yang dapat diset untuk membawa 1 atau 2 ml/detik untuk  total injeksi 50-100ml.
Pada suatu prosedur angiografi ,metode metode tepat harus diikuti dan urutan pemfilman dan injeksi harus ditentukan pada konsultasi dengan dokter ahli. Sebagaimana  seluruh prosedur pembedahan dilakukan ,perawatan harus dilatih untuk memastikan bahwa teknik teknik steril diatur secara ketat. Posisi tepat terhadap pasien juga penting sehingga bagian bagian tubuh yang diinginkan akan cukup ditunjukan. Hal yang juga penting adalah bahwa kehati hatian dan kerjasama yang baik antara dokter ahli dan ahli radiograf dan pasien akan menghasilkan radiograf dengan jumlah informasi diagnostic maksimum.

II.8           Penempatan Filter (Penyaring)  pada vena cava inferior
                Proses pemindahan embolus pada kaki biasa dilakukan dengan pemeriksaan vena cava inferior dari sisi kanan hati dan disangkutkan pada arteri pulmonaris. Sebuah filter dapat ditempatkan secara percutan padavena cava inferior untuk menangkap sebuah embolus.
                Ide pertama untuk menangkap embolus sudah dimulai sejak tahun 1784 ,dan pembedahan pada bagian vena cava inferior pada tahun 1869. Prosedur ini dan prosedur pembedahan parsial tersebut memiliki kelemahan komplikasi yang tinggi ,tidak hanya dari proses pembedahan tetapi juga dari kemampuan pengaliran  vena dari anggota tubuh bawah.
                Teknologi kateterisasi dikembangkan dalam bentuk balon untuk vena cava inferior ,tetapi prosedur ini juga berakibat terjadinya komplikasi dari kemampuan pengaliran dari anggota tubuh bawah. Penyaringan pertama kali didesain untuk menangkap emboli pada vena cava pada tahun 1967 oleh Mobin –Uddin . Terdiri dari 6 logam yang digabung pada satu ujung untuk membentuk sebuah conical  yang kemudian ditutup oleh canopy plastic. Canopy plastic terlalu mahal dan sulit ,sehingga filter Mobbin Uddin ini tidak digunakan lama. Karena tusukan itu menyerupai sebuah paying terbuka ,penyaring vena cava pada semua tipe untuk beberapa tahun mengacu pada sebuah penyaring “filter payung”.

                Vena thrombosis anggota tubuh bagian bawah tidak membentuk pengindikasian untuk penempatan filter vena cava inferior. Normalnya ,pengobatan tentang kandungan darah diatur untuk mengubah vena thrombosis. Ketika terapi anti coagulant dikontraindikasikan karena hemoharging atau resiko hemorrhaging ,penempatan filter mungkin digunakan sebagai indikasi. Penempatan filter sendiri memiliki resiko,mereka mencapai thrombosis pada vein melalui filter yang dimasukan dan caval thrombosis ,tetapi resiko secara normal yang tidak mengancam hidup sesudah penempatan filter. Penting untuk dicatat bahwa penempatan filter vena cava inferior adalah tidak mengobati untuk kedalaman vena trombosis   pada kaki tetapi dipakai untuk mereduksi perubahan embolisme pulmonary.
                Pulmonary vena cava inferior tersedia dalam berbagai bentuk. Semua filter ini berbentuk cateter dan bentuknya fungsional. Pemasukan cateter melalui penutup pada ukuran 9-29 Fr. Filter membuat metal inert (lembam) dan didesain untuk penempatan permanen. Filter Kirmlay Greenfield disusun dalam 6 kaway topangan. Digabungkan pada aspek untuk menjadi bentuk conical. Masing masing topangan memiliki sangkutan pada ujung dinding dari vena kava. Filter Titanium Greenfield adalah modifikasi dari Kirmlay Green field yang dimasukan melalui sebuah venotomi kecil. Filter Vena Tech juga terdiri dari 6 logam penopang  membentuk kerucut ,tetapi masing masing ujung penopang dengan sebuahsisi jeruji yang parallel ke dinding vena cava. Sisi jeruji miliki kaitan untuk menahan filter pada tempatnya. Filter Gianturco Roehm Bird”s nest terdiri atas kawat yang tajam yang disangkutkan pada masing masing ujung oleh kawat topangan sangkutan berbentuk V. Filter Simon Nitinol disusun oleh kawat yang memiliki penyimpan thermal (suhu).  Alat ini sangat menyatu pada pemasukan ,untuk melengkapi pembedaan bentuk ketika ditempati pada sekitar  temperatur  tubuh pada vena cava. Secara inferior alat ini memiliki 6 kawat penopamg berbentuk kerucut  ,dan secara superior memiliki 7 rangkaian kawat yang saling terkait untuk tambahan . Beberapa  filter didesain untuk penempatan sementara . Mereka  memiliki sebuah sangkutan dasar yang melaluinya. Filter sementara lainnya dipakai dengan pemasukan cateter ,beberpa filter kateter harus diambil setelah 10 hari atau akan menjadi permanen pada vena cava endothelium.

                Filter secara percutan dimasukan melalui femoral .jugular ,atau vena cubiti ,atau balasannya untuk penempatan pada bagian vena cava inferior hanya inferior ke renal vein adalah penting untuk menghindari resiko renal vein thrombosis ,yang dapat dihasilkan jika vena cava mempengaruhi  ke level superior pada renal vein thrombus besar pada sebuah filter. Sebuah vena cavogram inferior  menggunakan teknik Seldinger ,yang biasanya diambil dari vena femoral kanan. Cavogram  vena inferior didefinisikan sebagai anatomi yang mencakup tingkat renal vein ,mendeterminasi diameter vena cava dan mengatur  keberadaan  thrombus .Sebuah filter dimasukan dari bagian jugular atau antecublial mendekati bagian yang diindikasikan jiak thrombus berada pada vena cava inferior. Diameter vena cava inferior  mempengaruhi pemilihan filter ,karena masing masing filter memilki diameter maksimum. Penempatan radiograf dihasilkan untuk mendokumentasikan lokasi dari filter tersebut.


II.8           Perawatan Pasien
-               Pengukuran tekanan darah.
-               Pengukuran denyut nadi.
-               Pengamatan KU pasien (kontrol umum) dilakukan 15 menit sekali sampai 2 jam.
-               Pengamatan bekas punksi apakah terjadi hematom.










BAB III
PENUTUP

III.1          Kesimpulan
                Vena Cavografi Inferior adalah pemeriksaan radiografi dari vena cava inferior dengan menggunakan kontras media.
Vena Cavografi Inferior ditujukan untuk menunjukkan keberadaan thrombus atau oklusi dari vena cava inferior. Injeksi biasanya dibuat dengan lubang multiple kateter yang dimasukkan ke vena femoralis dan biasanya diposisikan pada daerah vena iliaca atau bagian inferior dari IVC. Radiografi diperlukan untuk menunjukkan peredaran opaksiti dari tip kateter sampai atrium kanan.
                Injeksi yang dilakukan dan program film yang dipakai adalah 25 ml/sec. Untuk total volume sebesar 50ml dan 2 film perdetik untuk 4-8 detik baik pada kedua bidang.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

ada materi ttg venacavografi jugularis ga ?? thanks be4

Posting Komentar